Senin, 29 Desember 2008

Menuju 2009, Satu Detik Lebih Lama


Nunggu detik2 taon baru hitungannya ditambah satu detik yaaa....(-_")v

Badan dunia yang bertanggung jawab terhadap perhitungan waktu dunia menyarankan masyarakat untuk bersabar menanti 2009. Pasalnya, tahun 2008 memiliki waktu satu detik lebih lama.

"Saat akhir tahun 2008 nanti, masyarakat sepertinya akan menghitung pergantian tahun dengan menambahkan satu detik baru di dalam perhitungan mundur.

Ini merupakan bonus detik tahunan ke 24 kalinya yang didapat masyarakat sejak tahun 1972 karena tidak diketahui secara pasti kapan bonus detik ini akan kembali terjadi. Tidak seperti bonus hari yang di dapat masyarakat setiap empat tahun sekali karena setiap tahun terdapat 365 hari dan tambahan enam jam setiap empat tahun sekali untuk melengkapi perputaran bumi dengan matahari.

"Tambahan detik sebelumnya terjadi pada tahun 2005. Ke depan, menurut perhitungan International Earth Rotation and Reference System Service (IERS) kemungkinan hal yang sama akan terjadi pada tahun 2012 atau 2013. IERS sendiri merupakan badan yang bertanggung jawab terhadap kalkulasi waktu berdasarkan rotasi bumi dan teknologi yang ada.

Nantinya, pada pergantian tahun, kita tidak akan lagi menghitung secara urut dari 3, 2, 1 melainkan menjadi 3, 2, 2 setengah, 1... SELAMAT TAHUN BARU 2009!!!!!

8 komentar:

Dcy mengatakan...

wah.. jadi orang pertama yang post..
happy new year.. ;)
by the way.. untungnya lebih lama waktunya..jadi hidup serasa lebih panjang..
hahahaha
asal waktu jangan semakin pendek aja...
;P

Emilia mengatakan...

baru tau nih ada perpanjangan 1 detik,tapi 1 detik ga terlalu terasa, kecuali buat atlet renang ato lari 0.01 detik aja menentukan banget,hehe...

Rini_MaShi mengatakan...

wkakakka....crita ne pjg bgt, tp cmn bermaksud utk ngucapinmet taon baru. iye2, klo manx ada perhitungan kyk gt lucu jg ya.

susanti.wong mengatakan...

hebatnya badan dunia ini bisa menghitung perputaran bumi dalam detik. ya mungkin karena global warming jadi bumi uda agak sangsut sedikit, capek kali bumi karena uda tua.

JoHaN mengatakan...

klo gak salah berita ini juga ada di koran, kl gak slah..

emang gak terasa sih kalo cuma perbedaan satu detik, tpi efeknya tuh pada waktu di dunia. entah gmn tuh mereka hitungnya, pastinya kan banyak zona waktu yg berbeda di dunia

1k54N mengatakan...

biar jak telat

yang pentign happy new year!!??

Yulianty mengatakan...

yaa...wat epel de sher..pokokee hepi new yer..huahhahaha^^

lenyleny mengatakan...

hehe sedetik c gak kerasa dhe..
so gak masalah x..bt gw..hehe